Ada kesalahan di dalam gadget ini

28.7.09

Keutamaan Beberapa Surat Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah firman Allah Swt yang diwahyukan kepada nabi Muhammad Saw sebagai petunjuk bagi ummat manusia. Ada banyak riwayat yang shahih menyebutkan bahwa membacanya adalah pahala. Semakin bagus bacaan dan tingkat penghayatannya, semakin besar pula pahala yang diperoleh oleh si pembaca. Selain itu, setiap Surah di dalam Al-Qur'an juga mempunyai 'mumayyazah' dan kelebihan masing-masing. Karena itu pahala membacanya juga mempunyai tingkatan yang bermacam-macam. Di antaranya adalah:
1. Surat Al-Fatihah, Al-Baqarah, dan Ali Imran
a. Ibnu Abbas menceritakan, suatu ketika Jibril as. berada disamping Nabi saw. Tiba-tiba terdengar suara dari atas, lau ia mengangkat kepala dan berkata: itu sebuah pintu langit. Pada hari pintu itu dibuka, turunlah seorang malaikat memberi salam dan berkata: Bergembiralah dengan dua cahaya penerangan yang diberikan oleh Allah kepadamu, yang belum pernah diberikan kepada seorang nabi sebelummu, yaitu Fatihatul Kitab (Surat Al-Fatihah) dan akhir surat Al-Baqoroh. Engkau tidak membaca satu huruf pun daripadanya, melainkan pasti permintaanmu dikabulkan. (HR. Muslim)

b. Sahl bin Said ra. Memberitahuakan, Rasulullah saw bersabda : sesungguhnya segala sesuatu itu memiliki puncak, puncak Al-Qur'an adalah surat Al-Baqoroh. Barang siapa membacanya di rumahnya pada waktu malam, maka syetan tidak memasuki rumahnya selama 3 hari (HR. Ibnu Hibban).

c. Jundub ra. berkata, Rasulullah saw bersabda: Bacalah Al-Qur'an karena ia akan menjadi pembela bagi orang yang membacanya. Bacalah Surat Al-Qur'an yang cemerlang yaitu surat Al-Baqarah dan Ali Imran. Sebab kedua surat itu pada hari kiamat kelak akan memberi naungan kepada pembacanya .
(HR. Muslim Dan Ahmad)

2. Surat Yaasin 10 Kali Lipat Membaca Al-Qur'an
Anas ra. Mengabarkan, Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya segala sesuatu itu memiliki jantung, dan jantung Al-Qur'an adalah surat Yaasin. Barang siapa membaca surat Yaasin maka Allah menetapkan baginya seperti membaca Al-Quran sepuluh kali (HR. Tirmidzi)

3. Membaca Surat Ad-Dukhan, dimohonkan ampun oleh Malaikat.
Rasulullah saw bersabda : Barang siapa membaca Ad-Dukhan di waktu malam, maka tujuh puluh ribu (70.000) malaikat memohon ampun untuknya (HR. Tirmidzi).

4. Surat Ar-Rahman Pengganti Al-Qur'an
Ali ra. Menuturkan Rasulullah saw bersabda : Setiap sesuatu ada penggantinya, dan pengganti Al-Qur'an adalah surat Ar-Rahmaan (HR. Baihaqi)

5. Surat Al-Waqi’ah Menolak Kemiskinan
Ibnu Mas’ud ra. mengemukakan, Rasulullah saw bersabda : Barang siapa membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka ia tidak ditimpa kemiskinan untuk selamanya (HR. Baihaqi)
Tentu saja selain mentradisikan membaca surat Al-Waqi’ah ini di setiap malam, kita juga harus tetap terus bekerja. Sebab dengan bekerjalah pintu rezeki yang dijanjikan Allah itu akan datang.

6. Membaca Surat Al-Mulk mendapat ampunan
Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya ada sebuah surat dari Al-Quran yang terdiri dari 30 ayat, ia memberi syafaat bagi seseorang (yang membacanya) hingga diampuni dosanya, yakni Tabaarakal ladzi biyadihil mulku (Surat Al- Muluk). (HR. Admad dan Ibnu Hibban).

7. Membaca Surat Al-Zalzalah, Al-Kafirun & Al-Ikhlas
Rasulullah saw bersabda : Surat Idzaa Zulzilat menyerupai separuh Al-Qur'an, Qul Yaa Ayyuhal Kafirun menyamai seperempat Al-Qur'an, dan Qul Huwallahu Ahad menyamai sepertiga Al-Qur'an. (HR. Tirmidzi,Al-Hakim dan Baihaqi)

8. Keutamaan Surat At-Takaatsur
Ibnu Umar ra. mengabarkan, Rasulullah saw bersabda : Tidakkah seseorang dari kalian sanggup membaca seribu ayat setiap hari? Siapa yang bisa melakukan itu wahai Rasulullah? Tanya sahabat. Tidakkah seseorang diantara kamu bisa membaca “Alhaakumuttakatsur” (HR. Hakim dan Baihaqi)

9. Keutamaan Surat Al-Ikhlas & Al- Mu’awwidzatain
a. ‘Uqbah bin Amir ra. Menjelaskan, Rasulullah saw bersabda : Tahukah kalian berapa ayat yang diturunkan Allah tadi malam, dan yang belum pernah ada bandingannya? Ayat-ayat itu adalah Qul A’uudzubi robbil Falaq dan Qul A’uudzubi robbinnaas (HR. Muslim)
b. Rasulullah saw bersabda : barang siapa membaca Qul Huwallohu Ahad dan Al Mu’awwidzatain pada waktu sore dan pagi sebanyak 3 kali, maka semua itu melindunginya dari segala sesuatu (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Akhirnya semoga dengan membaca dan menghayati hadits-hadits tersebut di atas, semoga kita termotivasi terus untuk bisa istiqamah dalam membaca dan merenungi kandungan-kandungan Al-Qur'anul Karim. Selamat mengamalkan.

4 komentar:

  1. artikel yang sangat berguna, agar kita mempunyai ilmu untuk mengamalkan segala sesuatu nya. semoga limpahan rahmat dan karunia allah akan senantiasi mengahmpiri penulis dan menjadi amal jahiriayah baginya...aminn...

    BalasHapus
  2. To Ustadz Boim : Aamiiin, smoga kebaikan do'anya jg terlimpahkan buat Ustadz Boim, buat Ustadz Penulis tentunya, buat teman2 disini smuanya, dan buat saya jg pastinya,
    amien yaa arhamarrohimien.

    Makasih Ustadz Boim atas silaturrahimnya ^_^

    Maaf Ustadz Boim, sang Penulis lg ada keperluan keluar, jd saya diamanahkan buat mewakilinya ^_^
    Salam dari beliau!!!

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat mas,,, salam kenal ya,,,

    BalasHapus
  4. Semoga Allah memberikan kesanggupankan bagi ku untuk mengamalkannya amin..............

    BalasHapus

Oase Risalah


Dari Ubadah bin Shamit bahwa Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah Yang Esa, tidak ada sekutu baginya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, dan (bersaksi bahwa) Isa (Yesus) adalah hamba Allah dan rasul-Nya, dan kalimat-Nya yang Dia tiupkan kepada Maryam serta ruh dari-Nya, dan (bersaksi bahwa) surga dan neraka itu benar, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga sesuai kadar amalnya" (HR. Muslim)

Dari Anas ra, Nabi Muhmmad Saw bersabda: "Tidak seorang pun yang bersaksi dengan ketulusan hati bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, melainkan Allah akan mengharamkannya dari api neraka" (HR. Bukhari Muslim).