Ada kesalahan di dalam gadget ini

1.5.10

Info Beasiswa Al-Azhar Mesir Tahun Akademik 2009/2010 dan 2010/2011

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI pada tanggal 30 April kemarin mengumumkan 2 pengumuman penting terkait seleksi beasiswa Al-Azhar dan Non Al-Azhar tahun akademik 2009/2010 dan 2010/2011 sebagaimana berikut:

"Diberitahukan dengan hormat bahwa kementerian Agama RI menerima Nota Diplomatic dari Kedutaan Besar Republik Arab Mesir jakarta no.53/IV/10 tanggal 26 April 2010 yang menginformasikan antara lain:

1) Kedutaan Besar Republik Arab Mesir Jakarta akan melakukan seleksi 120 orang calon penerima beasiswa al-Azhar terdiri dari:
- 90 program S1
- 20 program S2
- 5 program SLTA (Ma'had), dan
- 5 program S1 Non-Al Azhar University.

Seleksi dimaksud akan diselenggarakan di Kedutaan Besar Republik Arab Mesir Jakarta: Jl. Teuku Umar No.68 Menteng Jakarta Pusat telp.: 3143440, 31935350 fax.: 3145073 tanggal 17 s.d. 20 Mei 2010

2) Dalam Percakapan telepon pada tanggal 28 April 2010 antara Kemenag RI dengan pihak Kedutaan Mesir Jakarta, diperoleh informasi bahwa, Kedutaan mengharapkan kepada Calon penerima Beasiswa yang sudah lulus Seleksi di Kedutaan Mesir pada tahun 2009, diharapkan kehadirannya di Kedutaan tersebut tgl 1 Juli 2010 untuk mengambil Visa, dan selanjutnya harus sudah berada di Mesir selambat-lambatnya 1 Agustus 2010

Demikian kiranya menjadi Maklum"

Sumber: www.ditpertais.net

20 komentar:

  1. salamu'alaikum. afwan kalo test nya apa saja dan ada ketentuan2 tertentu?? cara daftarnya???

    BalasHapus
  2. Waalaikumussalam ww.
    Berkaca dari thn2 sebelumnya, yang perlu dipersiapkan untuk tes antara lain:
    - hafalan Al-Qur'an minimal dua juz
    - pemahaman dan kemampuan berbahasa Arab (sebab tes-nya dengan bahasa Arab)
    - pemahaman fiqih dan ilmu keagamaan lainnya
    - kemampuan insya' dan menulis bahasa Arab

    Untuk pendaftaran atau informasi lainnya sebaiknya hubungi saja nomor yang termaktub di atas (artikel)

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum.
    pengumuman tesnya kapan ya....??

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumussalam ww...
    Sdri Istiqomah: Apa maksudnya pengumuman hasil tes??

    Sebelumnya kami mohon maaf. Kami juga belum mendapatkan informasi tentang itu.

    Saat masih ada kerjasama Kedubes Mesir & Depag dalam pelaksanaan ujian penyeleksian beasiswa ini (tahun2 sebelumnya), hasil tes biasanya diumumkan di situs Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (www.ditpertais.net). Pengumumannya kira2 satu atau dua bulan setelah diadakannya tes.

    Untuk pengumuman hasil tes yg sekarang ini, sebaiknya dihubungi saja pihak2 terkait atau sering2 berkomunikasi dengan sesama teman2 yang ikut tes.

    BalasHapus
  5. hasil tes dan pengumumannya hanya menjadi hak prerogatif kedutaan mesir...

    BalasHapus
  6. assaslamualikum....akhi,,,saya mo tanya,,, ..saya ingin sekali kuliah di al azhar,,,tapi ijazah saya SMA negeri... mohon bantuannya bagaimana saya bisa kuliah di al azhar???? yang saya tau ada program namanya dirasah khosoh yaitu program belajar 2 tahun dari al azhar sebagai persiapan sebelum kuliah..itu bagaimana prosesnya bisa masuk kesana akhi.....apakah harus melalui rekomendasi depag ataukah langsung kita mendaftar di mesir...??? mohon infonya..syukran sebelumnya,,,,jazakumullah

    BalasHapus
  7. DIROSAH KHOSHSOH Al-Azhar itu lbh tepatnya jenjang pendidikan di bawah SMP Al-Azhar, tp beda dg SD; sebab para siswanya berasal dari latar belakang usia dan pendidikan yg berbeda2. Umumnya mereka yg belajar disini adalah orang2 yg ijazahnya tdk memenuhi syarat utk masuk SMP/SMA/Universitas Al-Azhar.

    Yg tamat di dirosah khoshoh tdk bs langsung daftar di kulliah, sebab ijazahnya blm setara dg SMA yg diakreditasi oleh Univ Al-Azhar. Karena itu yg bersangkutan hrs masuk lg ke i'dadi (SMP Azhar) kemudian tsanawy (SMA).
    Nah disini ada program akselerasi, sehingga lama masa pendidikan utk ketiga jenjang pendidikan tsb tergantung kemampuan siswa yg bersangkutan; bisa 6 tahun, 3 tahun atau bahkan 1 tahun.

    Soal rekomendasi, sejauh yg kami tahu blm ada yg datang dg rekomendasi depag. Yup mereka datang langsung ke Mesir dan mendaftar disana.

    BalasHapus
  8. assaalamualaikum.... saya mau tanya untuk tamatan madrasa aliyah negeri bisa apa tidak masuk al-azhar... soalnya adik saya inggin kuliah di sana, dan kami kekurangan biaya,apa ada solusi untuk adik saya, dan kami dari propinsi jambi haru lewat mana pendaftaran nya untuk bisa kuliah di al-azhar mesir.

    BalasHapus
  9. Waalaikumussalam ww.
    Sdr Hamid: tamatan MAN bisa masuk al-Azhar.

    Solusi mengatasi kekurangan biaya insya Allah bisa dengan beasiswa Al-Azhar. Untuk memperoleh beasiswa Al-Azhar bisa dg mengikuti seleksi di kedutaan Mesir di Jakarta. Adapun waktu penyeleksiannya biasanya berkisar antara bulan 3 sampai 5 pada setiap tahunnya. Dan infonya bisa kita tunggu di www.ditpertais.net

    Info2 tentang Al-Azhar lainnya insya Allah bisa dilihat disini kpts-tapanuli.com

    BalasHapus
  10. asslamualaikum...
    hasil pengumuman beasiswa ke al-azhar bisa dilihat d mn ya...
    syukron

    BalasHapus
  11. Untuk info hasil seleksi beasiswa ke Al-Azhar tahun ini, kami mohon maaf karena sampai saat ini kami juga belum menemukannya.

    Sekedar saran, sebaiknya sdr Muhammad Haitsam sering2 berkomunikasi dengan teman2 yang sama2 ikut tes beasiswa. Semoga hasilnya yang terbaik.

    BalasHapus
  12. askum
    untuk tes ke sifaroh, kapan ya ?????

    BalasHapus
  13. Wa'alaikumussalam ww.

    Tes beasiswa Al-Azhar 2011-2012 di sifarah (Kedubes) Mesir insya Allah akan dimulai pada tgl 16 Mei 2011. Lebih lengkapnya lihat DISINI

    BalasHapus
  14. assalamualaikum,,,afawan saya ingin tanya klo untuk yang non besiswa,,apakah diadakan tahun ini,,??dan klo ada kapan dan dimana ??karna saya dan kawan-kawan ingin menuntut ilmu,,kesana insya Allah,,syukron,,

    BalasHapus
  15. Wa'alaikumussalam. Menurut presiden PPMI Mesir, terkait ini masih belum ada keputusan baik dari Al-Azhar maupun Depag, karena masih proses mu'adalah ulang seluruh negara.

    BalasHapus
  16. assalamualaikum ka saya mau nanya kalau yg sdh lulus tes beasiswa thn 2010,kira2 kpn brgkt ke mesir nya? trz bagaimana kelanjutan nya,.,.,.,mhn bantuan nya ka,.,.,,,

    BalasHapus
  17. ka satu lg trz semua berkas2 yg asli sprti ijasah,akte lahir,dsb,..,.,, apakah sdh di kirim ke mesir or msh di dubes mesir jakarta ? oh ya ka mu'adalah itu apa sih? mohon penjelasan nya.,., terimakasih sebelum nya

    BalasHapus
  18. Waalaikumussalam ww.
    Kalau lulusnya tahun 2010, harusnya brangkat tahun itu juga. Tapi karena banyaknya proses dokumen yang harus dilalui kadang bisa juga telat.

    Soal dokumen2 asli yang sudah diserahkan, sebaiknya adek tanyakan langsung ke pihak yang bersangkutan.

    Mu'adalah = penyetaraan ijazah.

    BalasHapus
  19. asslamualaikum. mas mau nanya. kalau sudah diterima dan lolos berangkat ke mesir, baiaya pemberangkatannya ditanggung sendiri atau dibiayai pemerintah? burhan grobogan.

    BalasHapus
  20. salam
    apakah bisa daftar smp al azhar langsung tanpa test depag,karna sy ingin smu di azhar

    jazakallah
    said cililitan

    BalasHapus

Oase Risalah


Dari Ubadah bin Shamit bahwa Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah Yang Esa, tidak ada sekutu baginya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, dan (bersaksi bahwa) Isa (Yesus) adalah hamba Allah dan rasul-Nya, dan kalimat-Nya yang Dia tiupkan kepada Maryam serta ruh dari-Nya, dan (bersaksi bahwa) surga dan neraka itu benar, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga sesuai kadar amalnya" (HR. Muslim)

Dari Anas ra, Nabi Muhmmad Saw bersabda: "Tidak seorang pun yang bersaksi dengan ketulusan hati bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, melainkan Allah akan mengharamkannya dari api neraka" (HR. Bukhari Muslim).