Ada kesalahan di dalam gadget ini

23.4.10

Seleksi Beasiswa Univ. Afrika Internasional Khartoum Sudan dan Non-Beasiswa Al-Azhar Mesir (2010-2011)

Kementerian Agama RI Jakarta kembali mengumumkan dibukanya tes penyeleksian calon mahasiswa baru (camaba) Beasiswa Universitas Afrika International Khartoum Sudan dan Non-Beasiswa Universitas Al-Azhar Mesir untuk program S1 tahun akademik 2010-2011.

Sesuai surat edaran Dirjen Pendidikan Islam nomor Dj.I/Dt.I.IV/4/PP.04/682/2010, penyeleksian tersebut akan diadakan pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 18 dan 19 Mei 2010 di beberapa STAIN/IAIN/UIN yang ditentukan oleh Dirjen Penddikan Islam.

Waktu dan tempat pendaftarannya dimulai sejak tanggal 19 April sampai 14 Mei di STAIN/IAIN/UIN seluruh Indonesia pada jam-jam kerja.

Persyaratan dan ketentuan mengikuti seleksi adalah sebagai berikut:
1. Warga Negara RI yang beragama Islam
2. Mengisi formulir yang disediakan oleh panitia
3. Pas photo berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar
4. Melampirkan salinan ijazah Madrasah Aliyah Negeri atau swastayang mengikuti Ujian Negara dengan ketentuan sebagai berikut:
a). Usia ijazah tidak lebih dari 2 (dua) tahun
b). Bagi peminat belajar ke Al-Azhar berijazah Pondok Pesantren yang mu'adalah (akreditasi) ijazahnya dengan Tsanawiyah (SLTA) Al-Azhar masih berlaku sampai sekarang.
c). Bagi yang belum memiliki ijazah (STTB), harus melampirkan surat keterangan lulus dari sekolah
5. Bagi pendaftar beasiswa ke Sudan harus menyerahkan ijazah dan akte kelahiran yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.
6. Semua persyaratan diserahkan dalam dua rangkap.
7. Bagi pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar untuk satu pilihan ke Sudan atau Mesir.

Ada pun materi yang akan diujikan adalah:
1. Ujian Tulis berbahasa Arab yang meliputi: bahasa Arab (pemahaman teks, tata bahasa dan insya') dan Pengetahuan Agama Islam.
2. Ujian Lisan dengan bahasa Arab, meliputi: bahasa Arab (percakapan, terjemah dan pemahaman teks) dan hafalan/bacaan Al-Qur'an minimal 2 juz.
3. Bagi peserta seleksi yang memilih bidang studi umum ke Sudan akan mengikuti materi ujian bahasa Inggeris.

Hasil seleksi Non Beasiswa ke Al-Azhar Mesir akan diumumkan oleh kementerian agama pada tanggal 1 Juni 2010 melalui Website: www.ditpertais.net. Sedangkan hasil seleksi ke Universitas Khartoum Sudan diumumkan 1 bulan sesudah diadakannya penyeleksian.

Anda berminat mengikutinya? Silahkan hubungi STAIN/IAIN/UIN terdekat!

Informasi lainnya, bisa Anda lihat di situs Direktorat Jenderal Pendidikan Islam www.ditpertais.net.

1 komentar:

  1. subhanallah.... this is wonderful
    but i cannot speak arabic very well.. but i always support for all indonesi be the student of al-azhar university... syukron...

    BalasHapus

Oase Risalah


Dari Ubadah bin Shamit bahwa Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah Yang Esa, tidak ada sekutu baginya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, dan (bersaksi bahwa) Isa (Yesus) adalah hamba Allah dan rasul-Nya, dan kalimat-Nya yang Dia tiupkan kepada Maryam serta ruh dari-Nya, dan (bersaksi bahwa) surga dan neraka itu benar, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga sesuai kadar amalnya" (HR. Muslim)

Dari Anas ra, Nabi Muhmmad Saw bersabda: "Tidak seorang pun yang bersaksi dengan ketulusan hati bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, melainkan Allah akan mengharamkannya dari api neraka" (HR. Bukhari Muslim).