Ada kesalahan di dalam gadget ini

19.3.09

Di Antara Petuah Rasulullah Saw

1. Islam itu Pada mulanya Asing dan akan kembali Asing
Ibnu Umar ra. menuturkan, Rasulullah saw bersabda :
Sesungguhnya Islam itu mula-nulanya asing dan akan kembali asing seperti semula. Dia akan kembali pada Masjid sebagaimana ular kembali ke sarangnya. (HR. Muslim).
2. Larangan Memperberat Agama
Abu Hurairah ra. mengemukakan, Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya Agama itu ringan. Barang siapa yg mempersulitnya maka ia akan dikalahkan oleh Agama. Oleh karena itu kerjakanlah Agama semestinya atau mendekati
semestinya dan bergembiralah (karena akan memperoleh pahala), serta beribadahlah (memohon pertolongan Allah) pada waktu pagi, petang dan sebagian dari malam
(HR. Bukhari).
3. Islam itu harus lebih dicintai dari pada Dunia dan segala isinya
Anas bin Malik ra. menceritakan bahwa pernah ada seorang laki-laki meminta kambing kepada Rasulullah saw sebanyak antara dua Gunung dan beliau memenuhinya. Setelah itu laki2 tersebut kembali kepada kaumnya dan berseru " Masuklah kalian smuanya ke dalam Islam. Sesungguhnya Muhammad telah memberiku sesuatu yg begitu banyak tanpa takut menjadi Miskin.
Anas mengomentari: Jika seseorang masuk Islam hanya karena keinginan dunia maka bukan Islam namanya. Islam harus dicintai lebih dari dunia dan sgala Isinya (HR. Muslim).
4. Salah satu ciri kebaikan seorang Muslim
Abu Hurairah ra. menyatakan Rasulullah saw bersabda : diantara kebaikan seorang Muslim adalah meninggalkan sesuatu apa yang tidak penting baginya (HR Tirmidzi).
5. Boleh Mengadakan kebiasaan yang baik
Rasulullah saw bersabda : Barang siapa mengadakan sesuatu kebaikan dalam islam, maka ia mendapat pahala dan mendapat pahala orang yg melakukanya tanpa mengurangi pahala mereka. Dan barang siapa yg melakukan suatu kebiasaan yang jelek, maka ia akan mendapat dosa dan dosa orang-orang yang melakukannya,tanpa mengurangi dosa mereka (HR. Muslim)
6. Kelak orang Islam akan mengikuti gaya hidup Nasrani & Yahudi
Rasulullah saw bersabda : sesungguhnya kamu sekalian kelak akan mengikuti/meniru gaya hidup orang-orang yang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sedikit demi sedikit. Sehingga seandainya mereka masuk ke dalam lobang biawak pun kamu pasti mau mengikitunya.
Rasulullah ditanya oleh sahabat: Ya Rasulullah apakah mereka itu yahudi atau Nasrani?
Siapa lagi kalau bkn mereka! Jawab beliau (HR. Muttafaq 'Alaih)
7. Sesama Muslim adalah bersaudara
Abdullah bin Umar ra. Menyatakan, Rasulullah saw. bersabda: orang muslim tu adalah saudara bagi muslim yang lain, tidak berbuat zalim kepadanya, dan tidak menghinanya. Barang siapa yang peduli pada kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Barang siapa menghilangkan kesusahan seorang Muslim, maka Allah akan menghilangkan kesusahannya pada hari Kiamat kelak. Barang siapa menutupi ’aib seorang Muslim, maka Allah akan menutupi ’aibnya kelak pada hari kiamat.
(HR. Muttafaqun ’alaih).
8. Sesama Muslim Ibarat satu tubuh
Nu’man bin Basyir memberitahukan, Rasulullah saw bersabda: perumpamaan orang-orang Muslim dalam dalam cinta-mencintai, kasih-mengasihi dan sayang-menyayangi. adalah laksana satu tubuh. Jika satu anggota ada yang sakit, maka seluruh tubuh akan merasakan demam (HR. Muttafaqun ’alaih)
9. Sesama Muslim ibarat satu Bangunan
Abu Musa Al Sy’ari memberitahuakan,Rasulullah saw bersabda : Orang Mukmin yang satu dengan yang lainnya ibarat satu bangunan yang masing-masing bagian saling menguatkan ( HR. Bukhori, Muslim dan Tirmidzi)
10. Perumpamaan orang Mukmin dan Kafir
Rasulullah Muhammad saw bersabda: Orang Mukmin ibarat tanaman yang masih muda, tampak lembut diombang-ambing angin. Kadang-kadang miring dan kemudian tegak kembali, demikian seterusnya hingga datang ajalnya. Sedangkan orang kafir ibarat pohon beringin yang akar-akarnya mati kekeringan, tampak dari luar begitu kokoh, tp dgn satu tiupan angin kencang saja ia sudah tumbang (HR. Muslim).
Hadits-hadits di atas baru sehabagian kecil di antara petuah Rasulullah Muhammad Saw. dan itu semuanya dapat kita cari di kitab-kitab hadits, seperti Shahih Bukhari, shahih Muslim, Sunan Abu Daud dan lain-lain.
Namun mengingat bahasa dan banyaknya istilah hadits yang terdapat di dalam kitab-kitab Hadits, mencari petuah-petuah Rasulullah saw dari kitab-kitab tersebut tidaklah mudah bagi semua orang. Karenanya Syamsul Rijal Hamid berusaha meminimalisir kendala ini dengan menyusun sebuah buku "1001 Petuah Rasulullah Saw."
So, pastikan Anda tidak ketinggalan membeli bukunya!

- By: Leli Wardani Nst
- Sumber hadits: Buku 1001 Petuah Rasulullah SAW.

1 komentar:

  1. Memang benar bahwa datangnya Islam itu pada mulanya asing, seperti apa yang pernah diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

    “Sesungguhnya Islam itu pada mulanya datang dengan asing (tidak umum), dan akan kembali dengan asing lagi seperti pada mulanya datang. Maka berbahagialah bagi orang-orang yang asing“. Beliau ditanya, “Ya Rasulullah, siapakah orang-orang yang asing itu ?”. Beliau bersabda, “Mereka yang memperbaiki dikala rusaknya manusia”. Dan di lain riwayat beliau ditanya (tentang orang-orang yang asing), beliau menjawab, “Yaitu orang-orang yang menghidup-hidupkan apa-apa yang telah dimatikan manusia daripada sunnahku”.
    [HR. Muslim, Ibnu Majah dan Thabrani]

    “Bada-al Islaamu ghariiban wa saya’uudu kamaa bada-a ghariiban” (Datangnya Islam itu asing dan akan kembali asing seperti datangnya.) Sebagai akibatnya orang yang mengamalkan ajaran Islam akan terasing di tengah-tengah masyarakatnya sendiri. Mereka merasa terasing, terpinggirkan dan terkucilkan.

    Akan tetapi Rasulullah SAW menggembirakan orang-orang yang terasing: “Fatuubaa lighuraba” (Berbahagialah orang-orang yang terasing.) Siapakah orang-orang yang terasing itu? Menurut sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim mereka itu adalah orang-orang yang berbuat kebaikan di tengah kerusakan manusia.

    BalasHapus

Oase Risalah


Dari Ubadah bin Shamit bahwa Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah Yang Esa, tidak ada sekutu baginya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, dan (bersaksi bahwa) Isa (Yesus) adalah hamba Allah dan rasul-Nya, dan kalimat-Nya yang Dia tiupkan kepada Maryam serta ruh dari-Nya, dan (bersaksi bahwa) surga dan neraka itu benar, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga sesuai kadar amalnya" (HR. Muslim)

Dari Anas ra, Nabi Muhmmad Saw bersabda: "Tidak seorang pun yang bersaksi dengan ketulusan hati bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, melainkan Allah akan mengharamkannya dari api neraka" (HR. Bukhari Muslim).